Jenis Jenis Kulit Sapi

Updated: May 18, 2019

Well Z-Landers,


Kali ini kita akan memperkenalkan beberapa jenis finishing kulit sapi asli yang lazim dipakai dalam industri sepatu. Secara umum bisa dikatakan bahwa perbedaan jenis kulit ini karena adanya perbedaan bagian-bagian kulit yang di proses maupun perbedaan cara memproses kulit sapi itu sendiri. Zhillan Factory selalu menggunakan kulit sapi asli dalam setiap model sepatu yang diproduksi, dan jenis kulit yang dipilih disesuaikan dengan model dan peruntukkan sepatu agar nyaman dan tampil menarik.


Berikut gambaran dari beberapa jenis kulit dimaksud.


FULL GRAIN, adalah jenis bahan kulit yang di proses secara utuh tanpa mengubah atau memodifikasi struktur permukaan kulit bawaannya. Sehingga motif permukaan pori-pori kulit (grain) akan terlihat alami atau natural.

Bahan kulit sapi Full Grain (reedshoes by zhillan factory)

NUBUCK, adalah jenis bahan kulit yang terlihat sama dengan jenis kulit Suede. Perbedaanya adalah pada proses pembuatannya. Tidak seperti jenis kulit Suede, jenis kulit Nubuck tidak dibuat dari bagian dalam kulit binatang. Melainkan dibuat dari bagian luar kulit binatang, seperti pada Finish Leather. Namun permukaannya dihaluskan menggunakan permukaan yang kasar seperti sikat dll, sehingga menghasilkan permukaan kulit berambut yang halus seperti pada jenis kulit Suede. Sepatu dengan bahan jenis kulit Nubuck relatif lebih kuat baik jahitan maupun ketahananya dibandingkan sepatu dengan jenis kulit Suede.

Bahan kulit sapi Nubuck (reedshoes by zhillan factory)

SUEDE, adalah jenis kulit yang diproses secara terbalik, yaitu disamak dari bagian dalam kulit binatang. Jenis kulit Suede meiliki tekstur yang lebih lembut. Kelemahan sepatu dengan bahan jenis kulit Suede adalah mudah kotor, akan berubah warna jika terkena air, dan jahitannya lebih mudah tertarik. 

Bahan kulit sapi Suede (reedshoes by zhillan factory)

CRAZY HORSE, adalah jenis kulit dimana finishing dilakukan dengan memberi lapisan wax atau lilin sehingga menghasilkan jenis kulit yang disebut crazy horse. Untuk mendapatkan efek seperti itu digunakan jenis lilin khusus. Lilin inilah yang mampu menguatkan serat-serat kulit binatang menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, finishing yang dilakukan membuat kulit crazy horse terlihat lebih klasik, vintage dan elegan.


Bahan kulit sapi Crazy Horse (reedshoes by zhillan factory)

PULL UP, adalah jenis kulit dengan finishing warna dan permainan minyak kulit. Kulit ini ketika ditarik warnanya jadi lebih terang dari sebelumnya, biasanya sedikit berminyak bila ditarik. Jenis kulit ini biasanya makin lama makin keren jika dimakan waktu karena minyak yang terkandung di dalamnya atau ketika diberi pewarna/semir.

Bahan kulit sapi Pull Up (reedshoes by zhillan factory)

Jadi, seperti itulah bentuk-bentuk kulit sapi sebagai bahan dasar pembuatan sepatu. Kenali dulu jenis kulit sepatu Anda untuk memudahkan perawatan sepatu agar awet dan tahan lama.

©2019 created by Zhillan

Our Workshop

Jl. Perumahan

Depok Maharaja

Blok M5 No. 20

Rangkapan Jaya,

Pancoran Mas, Depok, 

West Java, INDONESIA

View Stores List

Get Special Deals & Offers

  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White YouTube Icon

Let's Join Us!

0
  • Black Twitter Icon